TelisikUGM NOW

Smart Grid Yogjakarta Dalam Perkembangan Smartcity

Upaya Pemerintah Kota Jogjakarta dalam mengembangkan jaringan pintar dalam sekala regional kususnya wilayah kota Jogjakarta saat ini sudah mulai direalisasikan untuk mengimplementasikan Jogjakarta menjadi smartcity.

Implementasi smartcity Jogjakarta banyak menggandeng dari universitas-universitas yang dipandang mampu untuk mewujudkan kota Jogjakarta sebagai Kota Cerdas dengan seluruh Jaringan pintarnya mulai dari koridor jalan, sampai manajemen transportasi, juga masuk ke pemerintahan kota Jogjakarta. Yang sekarang banyak dikembangkan sistem cloud server yang dapat memberikan banyak manfaat terutama kegiatan akses data untuk pemerintah, kepolisian dan masyarakat umum dapat mengunduh berbagai data yang diberikan pemerintah kota Jogjakarta terkait aturan dan sistem transportasi dengan CCTV dan hal-hal lain.

Smartcity dengan dibarengi smart grid adalah suatu terobosan untuk melangkah lebih mudah dan lebih cepat dalam mengadopsi teknologi di pemerintah kota Jogjakarta. Saat ini dimulai sosialisasi penggunaan aplikasi mulai dari RW dan rencana ini akan saya gunakan untuk pemerintah Desa Condongcatur.

Tentunya masyarakat akan dimudahkan dengan adanya implementasi smartcity dengan adanya smart grid ditingkat stakeholder yang akan mendukung pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Proses input data dan verifikasi data kependudukan akan secara cepat di update tanpa harus menggunakan sensus penduduk.

Aktifitas masyarakat juga tidak perlu harus mengurus secara detail surat menyurat ke kantor RW atau kantor kelurahan, cukup membuka aplikasi masyarakat yang membutuhkan bantuan dan keperluan dapat mengakses dan menginput data di aplikasinya. Tinggal masyarakat nanti apa harus diperlukan verifikasi atau langsung bisa cetak data atau dokumen yang sudah di proses oleh pemerintah yang berkepantingan.

Untuk sekedar contoh aplikasi yang akan saya kembangkan di pemerintah desa Condongcatur adalah rumah kita sebuah manajemen aplikasi untuk kegiatan dan olah data dari pemerintah desa Condongcatur dan masyarakat. Sekelumit contoh : jika ada orang yang meninggal cukup input data ktp, kk dan surat keterangan kematian dari rt/rw atau dukuh langsung diinput ke data aplikasi rumah kita, maka sertifikat kematian bisa langsung di dapat baik secara online atau melalui perangkat desa yang akan mengirimkannya. Semoga bermanfaat, artikel by kangpoer photo by