TelisikUGM NOW

Pengembangan Terpadu Smart Grid Stadion Maguwoharjo

Pemerintah Kabupaten Sleman tidak lama lagi akan mengembangkan Stadion Maguwoharjo – Candi Gebang dan Embung Tambakboyo menjadi satu paket untuk suatu landscape baru yang nantinya akan dibuat kawasan terpadu dengan mengembangkannya menjadi suatu kawasan wisata, edukasi dan sarana olahraga terpadu dalam konsep satu kesatuan.

Sebelumnya beberapa waktu lalu saya menanyakan kepada pemangku kepentingan tentang pentingnya pengembangan kawasan Stadion Maguwoharjo dan saat itu belum ada kepastian secara riil pengembangan yang akan di buatnya. Dan akhir Mei 2019 saya mendapatkan bocoran sesuai tajuk yang saya tulis di media ini juga dengan judul : Pengembangan Kawasan Stadion Maguwoharjo – Sleman

Hasil tulisan yang saya konsep itu ternyata sama persis dengan apa yang ada di benak para pemangku jabatan kabupaten Sleman. Konsep yang akan dikembangkan merupakan satu kesatuan pengembangan kawasan terpadu yaitu : Stadion Maguwoharjo – Komplek Candi Gebang dan Embung Tambakboyo yang nantinya menjadi suatu kawasan terpadu untuk : wisata, edukasi sejarah, olahraga dan tentu saja pusat bisnis baru yang akan dikembangkan dengan menata dan mengkonsep langscape urban regional planning yang akan dikembangkan sesuai amdal.

Pengembangan kawasan terpadu ini harus benar-benar memikirkan tentang smart grid (atau jaringan cerdas) dimana konsep ini akan banyak di adopsi oleh sebagian kota yang menuju arah smart city. Maka akan menjadi suatu arah pengembangan kawasan yang benar-benar hebat karena konsep yang di kembangkan adalah perpaduan yang benar-benar apik dari nalar kita. Pusat sarana olah raga yaitu Stadion Maguwoharjo, pusat edukasi dan sejarah Candi Gebang, sarana olahraga dan hiburan Embung Tambakboyo.

Penataan kawasan 3 wilayah ini akan menjadi pusat kawasan terpadu yang menciptakan fenomena baru lahirnya kawasan pusat kegiatan di wilayah Depok selain Babarsari dan Seturan. Wilayah Stadion Maguwoharjo menciptakan iklim untuk bisnis, edukasi sejarah dan peduli lingkungan. Semoga bermanfaat (artikel by kangpoer photo by kangpoer)