InformasiTelisik

Pengembangan Kawasan Stadion Maguwoharjo – Sleman

Stadion Maguwoharjo adalah stadion sepak bola di Kabupaten Sleman, Di Yogyakarta, yang juga merupakan markas klub sepak bola PSS Sleman, yang berlokasi di wilayah administrasi desa Maguwoharjo kabupaten Sleman.

Stadion Maguwoharjo saat ini memiliki potensi untuk menjadi pusat pengembangan kawasan terpadu untuk kegiatan dan sarana olahraga dan kegiatan lain di seputaran stadion. Kegiatan perekonomian juga bangkit dengan munculnya berbagai sarana penunjang terutama untuk kegiatan sirkuit bidang olahraga kendaraan bermotor. Disamping itu dengan adanya
Jogja Bay Waterpark di utara stadion dalam bidang sektor jasa, ekonomi dan penyediaan sarana penginapan juga menjadi semakin maju pesat. Apalagi tidak jauh dari stadion banyak berdiirnya perguruan tinggi yang tentu saja menjadikan stadion Maguwoharjo menjadi pusat kegiatan.

Munculnya Jogja Bay Waterpark melengkapi kegiatan dari sektor wisata dan bisnis di sekitaran stadion Maguwoharjo. Tentu saja pihak terkait yaitu pemerintah daerah kabupaten Sleman seharusnya membuat master plan pengembangan kawasan stadion Maguwoharjo, agar kedepan pengembangan kawasan terpadu stadion Maguwoharjo dapat terintegrasi tanpa ada konflik lahan dan pemangku kepentingan.

Disamping semakin tumbuh kembangnya sekitar stadion Maguwoharjo menjadi pusat kegiatan bisnis yang menggiurkan tentu harus dipikirkan dampak dari keamanan, parkir dan pusat bisnis harus diarahkan dalam kerangka menunjang kegiatan pengembangan kawasan terpadu stadion Maguwoharjo.

Tidak jauh dari stadion Maguwoharjo ada embung Tambakboyo sebagai sarana resapan air dan sarana olahraga dan wisata yang tentu dapat di integrasikan dengan pengembangan kawaan stadion Maguwoharjo. Disamping itu sungai di barat stadion dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kegiatan wisata dan bisnis. Juga Adanya Prasasti Candi Gebang yang tidak jauh juga dari stadion dapat menambah pesona pusat pengembangan kawasan terpadu stadion Maguwoharjo.

Sangat lengkap dan terpadu stadion Maguwoharjo mengembangkan dan intergasi antara : Stadion – embung Tambakboyo – Candi Gebang dan Jogja Bay Waterpark. Akan memberikan energi yang positif menjadi pusat kegiatan bisnis yang jauh kedepan dibuatnya masterplan pengembangan kawasan terpadi stadion Maguwoharjo.

Lahan masih banyak yang kosong di sebelah timur stadion ini merupakan lahan bisnis yang sangat bagus untuk mendesain pasar seni menjual pernak-pernik kegiatan olahraga, souvenir Candi gebang, souvenir Embung Tambakboyo, souvenir Jogja Bay Waterpark. Dan tentu saja pengembangan yang masih terbuka lebar adalah hotel dan penginapan, seperti yang sudah saya urai diatas ada perguruan tinggi yang setiap waktu ada wisuda yaitu : Universitas Sanata Dharma, Institut Pertanian Stiper, Universitas Respati adalah bisnis hotel dan penginapan yang berpeluang sangat besar disamping itu adanya kegiatan olahraga berskala nasional dan internasional di stadion juga memberikan andil yang sangat besar akan potensi hotel dan penginapan di kawasan ini.

Tidak menutup kemungkinan jika Stadion Maguwoharjo di kembangan secara matang dengan masterplan yang tepat memberikan ruh sebagai pusat bisnis dan jasa terpadu di wilayah Sleman selain Babarsari dan Condongcatur. Dengan peluang yang sangat besar tentu saja pemerintah kabupaten Sleman harus mengambil langkah yang tepat agar pengembangan kawasan terpadu di stadion Maguwoharjo tepat dan berkembangan dengan baik. Semoga bermanfaat (artikel by kangpoer photo by kangpoer)