Telisik

Jogja Peduli Palu Donggala (JPPD)

Indonesia dikenal sebagai ring of fire (cincin atau lingkaran api) atau istilah seremnya ladang bencana.  Indonesia terdiri dari berbagai lempeng dunia yang siap setiap saat kejadian gempa dan gunung meletus terjadi. Belum lama berselang Gempa dahsyat melanda Lombok yang menggerakkan hati kami Algojo dan RCC untuk membuka posko peduli Lombok.

RCC telah mengirimkan bantuan di Wilayah Lombok sebanyak 4 truck dibagi dalam beberapa periode serta sudah mengirimkan relawan dalam rangka meringangkan beban saudara kita di Lombok Timur dan Utara. Bahkan relawan saat tiba di tempat yang dituju untuk posko langsung mendapatkan sambutan gempa yang cukup dasyat, sampai lereng gunung longsor, alhamdulillah posisi longsor jauh dari permukiman penduduk sehingga tidak menambah korban jiwa maupun korban harta benda.

Kepedulian masyarakat Jogja patut di apresiasi terbukti bantuan silih berganti mengalir terus sampai saat ini, membuktikan bahwa masyarakat Jogja sangat peduli dan empati atas musibah yang dialami saudaranya di Lombok. Jogja belum lama juga mengalami musibah yang serupa yaitu gempa bumi yang meluluh lantakan rumah- rumah di Jogjakarta dan Klaten, bahkan korban yang meninggal sampai 5 ribu lebih.

Atas berbagai musibah yang dialami masyarakat Jogjakarta ini mendorong untuk senantiasa simpati dan empati kita terus lestarikan sebagai fitrah manusia untuk selalu membantu kerepotan orang lain. Kegiatan membuka posko sampai saat ini berlangsung yang berganti nama menjadi Jogja Peduli Palu dan Donggala yang sebelumnya Jogja Peduli Lombok.

Masyarakat Indonesia senantiasa harus sigap terhadap segala bentuk bencana baik bencana gempa, banjir, tsunami dan puting beliung. Sukur wilayah kita bukan termasuk wilayah yang berdampak terhadap badai, andaikan ini juga masuk di Indonesia maka lengkap sudah sebagai ring of fire, bencana dari dalam tanah dari samping dan kiri, dari atas. Kesigapan tanggap darurat Indonesia sepatutnya setiap tahun harus semakin sigap dan tanggap sehingga begitu ada bencana segala komponen yang memiliki kewenangan untuk mengurusi bencana langsung bekerja secara cepat.

Kami membuka empati dan simpati dari donasi untuk penyaluran bantuan ke Palu dan Donggala kususnya berupa bahan makananan, obat-obatan, selimut, makanana bayi dan anak-anak. Juga waktu kedepan jika kondisi sudah tertata dan kondusif kami akan mengirimkan bantuan relawan untuk pemulihan atau recovery dengan membuatkan huntara yang sudah di tunjuk pemerintah. Dikarenakan saat ini pemerintah masih fokus untuk rezonasi permukiman yang sudah tidak bisa ditempati lagi seperti wilayah Petobo, Balaroa Palu. (Sumber artikel by kangpoer photo by cek asuransi blogspot)