Traveling

Jumog Waterfall (Pesona Surga Lereng Lawu Karanganyar)

Air terjun Jumog terletak di Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, merupakan air terjun yang sangat cantik, indah dan seperti dalam gambaran alquran sungai mengalir di bawahnya dengan jernih dan bening. Dan kita tidak bosan-bosannya untuk memperhatikannya.

Air terjun Jumog belum sepopuler kakaknya yaitu air terjun”Grojogan sewu” di Tawangmangu. Namun keindahan dan daya pikatnya jauh melebihi air terjun kakak sulungnya. Pembaca dapat melihat artikel atau photo-photo hasil dari netizen atau dari photo profesional atau photo amatiran yang sangat menunjang untuk anda menikmati keindahan alam air terjun Jumog.

Untuk agar sampai di lokasi air terjun ini jika anda datang dari Karanganyar silahkan naik terus ke arah jalur ke Candi Sukuh, air terjun Jumog di pertigaan pemisah antara ke Air terjun Jumog dan Tawangmangu sudah sangat jelas papan namanya. Jika anda masih bingun bisa anda lihat di google maps jika malu bertanya.

Jarak tempuh air terjun Jumog dari kota kabupaten karanganyar berjarak kurang lebih 19KM dengan jalur roling dan naik menanjak cukup tajam menuju lokasi yang dituju. Untuk kendaraan yang bisa masuk ke akses air terjun semua bisa dari bis besar sampai kendaraan pribadi. kusus dengan bis parkir di terminal Jumog kemudian dilanjutkan dengan naik ojek 5.000 atau jalan kaki, nggak jauh dari terminal pemberhentiannya sekitar 500 meter saja sampai.

Air terjun Jumog menawarkan keindahan bagaikan surga yang dijelaskan secara detail dalam berbagai kita suci. Air mengalir jernih dan bening, dan kanan kirinya berhadap-hadapan kita bercengkerama sambil minum dan makan menikmati air yang mengalir dengan jernih, bening dan berhawa sejuk dan segar.

Setelah berjalan atau anda naik ojek silahkan anda membayar retribusi masuk nggak mahal cuma 5.000 rupiah saja anda akan melihat keindahan seperti yang sudah saya utarakan diatas, Tidak rugi silahkan anda ambil gambar atau vlog sepuasnya sangat fantastis untuk keindahan jauh-jauh anda tidak akan rugi, benar-benar The Lost Heaven paradise.

Cocoknya kalau ke air terjun ini jangan hari libur, coba ambil hari Senin sampai sabtu agar anda bisa menikmati keindahan air terjun Jumog ini dengan puas tidak terganggu banyaknya pengunjung. Anda bisa menikmati keindahan air terjun Jumog dengan makan sate, atau makanan lain siap menemani anda ditepi sungai yang mengalir air yang bening dan jernih, dengan riak dari bebatuan sebagai alunan musik alam yang sangat indah, bergemericik dengan alunan yang sungguh tiada tara. Kalau cuaca seperti sekarang ini menikmati air terjun Jumog bisa sepuasnya tanpa terganggu hujan atau banjir atau derasnya aliran air sungai, dan saya lihat dari bekas-bekas aliran belum ada kejadian banjir di tempat ini, airnya senantiasa jernih dan tidak bertambah volumenya konstan.

Untuk bermandi dengan keluarga juga disediakan kolam rennag yang cukup memadai untuk anak-anak, bagi anda silahkan mandi speuasnya disekitaran air terjun Jumog anda akan puas dengan segarnya air terjun Jumog. Untuk oleh-oleh anda bisa beli jambu biji, wortel, dan hasil pertanian disekitaran wisata Jumog. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur di The Lost Heaven paradise Jumog Waterfall in Karanganyar. (Artikel by kangpoer photo by kangpoer)