Traveling

Syurga dibalik Pantai Klayar – Pacitan

Kangpoer.Staff. Pacitan dikenal dengan wilayah banyak perbukitan dan gunung karst yang terdapat banyak gua yang tersebar di berbagai wilayah ini, juga berbagai pantai yang asri dan indah yang belum banyak wisatawan mendatanginya, sehingga kesan masih alami dan masih perawan begitu menyeruak. Alangkah indahnya negeri ini begitu banyak tempat-tempat yang menajubkan yang kadang belum terlirik dan disentuh untuk dinikmati keindahan alam yang sangat elok.

Pacitan merupakan wilayah yang terdiri dari banyak perbukitan karst terletak paling selatan dan paling barat untuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Keindahan alam yang tersimpan sangat luar biasa yang beberapa waktu ini muncul tempat wisata baru selain gua gong dan gua Tabuhan yaitu pantai. Ada pantai Klayar, pantai Telengria, pantai banyu Tibo yang sangat eksotis untuk dilihat berlama-lama. Apalagi jika anda menikmati pemandangan pantai ini diwaktu pagi ahri atau sore/senja maka anda akan mendapatkan panorama sunrise dan sunset yang sangat indah dan menggoda.

Untuk perjalanan menuju wisata kususnya pantai Klayar dari arah Jogjakarta membutuhkan waktu sekitar 4 jam, bagi anda yang menggunakan bis terpaksa anda akan ganti armada dengan shelter berupa colt atau mobil sejenis untuk mengantarkan anda menuju pantai Klayar. Jika Anda dari Jogjakarta, maka rute paling recommended menuju pantai Klayar adalah dengan mengambil jalan melalui Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang akan dilalui adalah Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar. Jangan kawatir dengan kondisi mobil yang mengantarkan anda, karena disepanjang perjalanan anda akan disuguhi panorama perbukitan karst yang menawan dan mempesona. Sehingga anda tidak akan bosan atau tidak akan merasakan kejenuhan selama perjalanan walau cukup jauh dari tempat pangkalan bis namun anda akan disuguhi sebuah panorama yang sangat indah.

Bagi anda yang menggunakan mobil tidak masalah anda bisa langsung tancap gas menuju pantai klayar melalui jalur menuju Gua Tabuhan dan gua Gong. Anda bisa juga mampir di 2 gua yang snagat terkenal ini yang begitu indahnya 2 gua ini. Perjalanan menggunakan mobil hanya diperlukan sekitar 30 menit karena jaraknya sekitar 12 km dari jalur utama Pacitan – Solo.

Untuk masuk pantai Klayar anda tidak perlu merogoh kocek dalam cukup 12k anda bisa masuk secara leluasa dan akan menikmati pemandangan pantai yang indah dan menawan, bagitu anda memarkir mobil pemandangan langsung disodorkan dimata anda sehingga anda akan begitu terpukau dan merasakan pantai yang elok. Anda dapat menyusuri pantai yang terbentang luas dan saya yakin anda tidak akan merasakan bosan untuk selalu menikmati sudut demi sudut indahnya pantai. Terserah anda mau lihat panorama pantai dari ketinggian atau mau lihat munculnya semburan air laut yang begitu ajaibnya. Indahnya alam dipantai Klayar hampir tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata atau diungkapkan dengan mimik wajah.

Di pantai Klayar, Anda dapat menjumpai sebuah hal yang unik, yakni seruling samudra. Seruling samudera ini adalah sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling.

Sebuah hal unik lainnya adalah Anda dapat menjumpai patung yang menyerupai bentuk Sphinx sebagaimana yang ada di Mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan pantai Klayar yang jika dilihat dari kejauhan, menyuguhkan pemandangan laksana patung Sphinx. Anda tentu saja dapat menaiki tebing ini, tetapi sudah sepatutnya menjaga kehati-hatian untuk keselamatan mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi.

Deburan ombak yang menyapu batu karang dan putihnya pasir akan memanjakan anda untuk bersantai dan bersenang-senang sambil menikmati birunya laut sampai seberang. Jika anda merasa capek dan panas tak perlu repot untuk tetap jalan disediakan transportasi berupa mobil gokart yang dapat mengantarkan anda menyusuri pantai, untuk harga anda bisa nego sedikit dan juga bis apilih-pilih armada.

Jadi tunggu apalagi mari kita berwisata di pantai Klayar, tempat wisata yang masih nyaman dan belum ramai seperti pantai di Bali atau di Gunungkidul, mari sejenak kita melepaskan kepenatan untuk merasakan segarnya dan keagungan ciptaan Allah, yang sangat luar biasa, selamat menikmati.

Sumber Gambar : https://www.initempatwisata.com