GowesInformasi

GoBar Ring Merapi Algojo 2018

Mengawali Bulan Januari Komunitas ALGOJO (Antar Lintas Gowes Jogja) yang merupakan hasil dari gabungan dari berbagai komunitas gowes di Jogjakarta dan sekitarnya mengadakan kegiatan gowes bareng (GoBar) Ring Merapi Januari 2018.

Agenda yang sudah lama diwacanakan oleh para suhu Algojo ini memang benar-benar terwujud dengan sukses tanpa ada kendala berarti kecuali ada accident/kecelakaan trejatuhnya rekan kita bapak Umar yang kondisi saat ini artikel naik akan di operasi tangan kirinya, kehati-hatian dan safety riding memang sangat diperlukan apalagi gowes ring Merapi memerlukan tenaga yang mumpuni serta persiapan segala sesuatu yang matang.

Adapun rute yang diambil adalah Klenteng-Pasar Dukuh-Pasar Talun-Jrakah-Selo-Cepogo-Klaten- Jogja, rute yang sangat berat untuk kelas MTB karena harus menghadapi berbagai tanjakan yang sangat panjang dan curam, apalagi kondisi cuaca saat gowes dilaksanakan hujan deras mengguyur dari Selo sampai Klaten, yang secara fisik bisa mengurangi kenyamana bersepeda karena harus memakai mantel/jas hujan plastik serta jalan yang licin.

berbagai persiapan dalam ajang gowes bareng Ring Merapi dapat kita gunakan juga untuk gowes bareng lainnya, apa saja persiapan untuk kita dalam gowes bareng :

  1. Siapkan fisik : loading karbo sore/malam. Menu sate kambing tanpa nasi cukup bagus..
    Jangan tidur terlalu larut.
  2. Bekal minum secukupnya, tambahkan madu di bidon akan lebih bagus. Bisa juga gula aren atau gula jawa. Sediakan oralit sachet yg bisa diminum saat jeda istirahat, fungsinya untuk menggantikan garam yang terbuang bersama keringat. Akan lebih baik jika ditambah berbekal Power Bar atau gampangnya coklat Beng-beng / Top.
  3. Cek kondisi ban, rem dan baut-baut sepeda, pastikan semua dalam kondisi prima. Bawa ban dalam cadangan, toolkit dan pompa kecil.
  4. Gunakan helm, sarung tangan dan alat keselamatan yang lain. Bawa mantol/jas hujan karena kondisi cuaca yg seringkali mendadak hujan. Bawa juga jersey/celana cadangan sekiranya memang harus ganti karena basah. Sekiranya harus gowes dalam kondisi hujan ; jaga kondisi tubuh tetap dalam kondisi hangat, misalnya menggunakan jaket wind breaker ato mantol hujan. (sy pernah hipotermia ringan saat sampai Selo, tangan sampai mati rasa) ?
  5. Bawa peralatan shalat, meski sepanjang perjalanan banyak masjid yang menyediakan sarung/mukena. Bawa juga obat/P3K yg biasa digunakan untuk emergency.
  6. Jogja-Muntilan adalah trek pemanasan, jangan ngoyo dengan trek ini karena “perjuangan sebenarnya” belum dimulai.. Pasar Talun, Jrakah – Selo tantangannya, dengan tanjakan yang panjang dan menguras tenaga dan kesabaran.. Bonusnya bisa diambil setelah Selo sampai Tugu Mliwis, turunan tajam yang berkelok dan menggoda dengan jalan cor yang cukup licin jika hujan.. hati-hati di jalur ini ; pastikan rem dan ban pada kondisi prima.
  7. Pengguna smartphone android bisa mungunduh program LACAKIN di Playstore.. masukkan nama untuk username dan nomer telp,  gunakan even code : GM2017.. saya cek masih berfungsi, disitu akan terlihat jalur yang akan dilalui.. juga bisa untuk memantau posisi teman-teman sekiranya ada yang tercecer/terpisah. Program ini cukup menguras batre hp, jadi siapkan juga powerbank.

Setelahnya, menurut saya, jalur paling membosankan : Klaten-Jogja.. kondisi fisik yg sudah menurun karena lelah ditambah jalur datar ygan monoton dengan banyaknya kendaraan besar yang lalu lalang dan banyak kubangan… uhhffff…Well, selamat bersenang-senang, jangan lupa foto-foto.. banyak spot bagus disepanjang perjalanan  Cek Dam, Spot 1.576mdpl, Selo, Patung Petruk dll..

Pos grouping (tmpt istirahat dan nunggu temen goweser )

1.pos 1 Klenteng Muntilan
2.pos 2 Pasar Talun
3.pos 3 Pasar Jrakah
4.pos 4 new Selo / insoma ( istirahat makan dan sholat )

Peserta yang dihimpun cukup banyak lebih dari 30 peserta dari berbagai usia yang ternyata kemampuan mereka ruar biasa sehingga bisa finish atau pulang kerumah sampai pukul : 21.30 tenaga yang sangat istimewa untuk mengarungi ring merapi ini yang jarak tempuhnya di atas 100km.

Silahkan lihat slideshow Algojo 2018

 

Sumber Artikel : Kangpoer  Images : Algojo, Kangpoer