UGM NOW

Identifikasi pohon di Sekitaran UGM

Slogan “blue smart green kampus” yang diterapkan secara masif dan terstruktur diharapkan mampu memberikan andil terhadap terpeliharanya fungsi air, fungsi hutan kota, dan penghijauan kota dan masih banyak lagi.

Identifikasi pohon sangat perlu untuk mengetahui sejauh mana vegetasi tumbuhan yang berada di area UGM dapat di kontrol antara lain :

  1. Jumlah pohon yang ditanam di area UGM dalam kurun waktu identifikasi berlangsung sampai batas waktu yang ditentukan.
  2. Jenis pohon yang ada.
  3. Penanaman kembali/reboisasi untuk tanaman yang mati atau ditebang dengan alasan rapuh, tumbang.
  4. Untuk mengetahui genus dari masing-masing tumbuhan
  5. Penanaman ulang tanaman langka di hutan kota
  6. Penanaman jenis-jenis pohon yang berbuah untuk mendatangkan burung.

Dengan identifikasi dapat mengontrol tumbuhan yang berada di area UGM dan dapat memebrikan pembelajaran untuk mahasiswa baru yang setaip masuk harus diberi pengetahuan, pengertian, dan studi kelompok untuk mengetahui sejauh mana tumbuhan yang berada di area UGM, kewajiban pemeliharaan, penanaman, pembibitan kembali untuk setiap mahasiswa baru akan memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk smartgreen kampus.

Tidak saja penanaman di area UGM bisa juga di hutan penelitian UGM atau mitra untuk dibuat percontohan hutan produksi atau hutan vegetasi. Bahkan kalau perlu menggandeng dinas pertanaman kota untuk menghijaukan kota Yogyakarta, sepertinya tidak mustahil untuk kita wujudkan. Ada tenaga, ada teknik, ada sarana yang dimiliki UGM.

Slogan tidak saja smartgreen kampus kalau perlu blue smart green kampus di ujudkan dengan berbagai pengadian masyarakat. Sedehananya KKN dipandang memiliki penguatan pola pikir dan teknik maka dapat diterapkan dalam hal ini blue smart green kampus baik lokasinya di daerah terpencil atau di kota besar.

Slogan “blue smart green kampus” yang diterapkan secara masif dan terstruktur diharapkan mampu memberikan andil terhadap terpeliharanya fungsi air, fungsi hutan kota, dan penghijauan kota dan masih banyak lagi.

Terpeliharanya mata air dan kebersihan air dari pencemaran lingkungan adalah suatu wujud dari penerapan slogan UGM tadi. Fungsi mata air dan terhindarnya pencemaran air harus secara terus menerus dengan teknologi, dengan ilmu dan penghijauan yang dimiliki ugm akan berperan dan andil dalam hal pemeliharaan fungsi air.

Polusi kota setidaknya pelan tapi pasti akan berkurang dengan semakin banyaknya pohon yang kita tanam di setiap sudut kota yang memungkinkan, serta metode tanam lain baik secara vertikal atau model jenis lain. Semakin besar penanaman pohon secara masif maka kota-kota di Indoensia bisa dihijaukan secara pelan-pelan. Ambil mudahnya setiap mahasiswa baru membawa wajib 1 batang pohon dan wajib ditanam di seluruh kota baik di daerahnya maupun ke wilayah lain, maka seluruh perguruan tinggi di Indonesia dapat menghasilkan dan dapat menghijauakan kota secara masif dan cepat.

Perbaikan separator jalan disekitar UGM setidaknya memberikan kemudahan akses untuk pesepeda dan pejalan kaki lebih nyaman dan keamanan semakin tinggi. Ambil contoh seperator dan pedestrian di area timur ugm sudah cukup baik untuk pejalan kaki dan peseda. Bolehlah untuk diteruskan proyek pedestrian yang apik ini ke sektor barat yang masih sebatas untuk jalan kaki yang kurang terawat dan kurang nyaman.

Seandainya separator jalan diseluruh ugm sedemikian nyaman seperti sektor timur ugm maka kenyamanan pengguna sepeda dan jalan kaki akan semakin banyak, sebagai salah satu arena olahraga sekaligus.Kenapa separator berkaitan dengan identifikasi pohon, ini sebagian dari kontribusi tanaman untuk memberikan keteduhan di seluruh pedestrian di seluruh sektor jalur di UGM. Maka jika seluruh jalur sangat rindang maka kenyamanan pejalan kaki semakin tinggi. Kita berandai-andai jika UGM adalah kampus yang seluruhnya berada di dalam hutan sangat rindang sangat teduh dan air mengucur dari mana saja karena vegetasi tanaman memberikan dampak sebagai penyalur air yang baik.

Pembuatan taman yang apik disetiap fakultas, prodi akan memebrikan dampak yang luar biasa terhadap keindahan kampus. Alangkah baiknya kalau taman dibuat tidak saja diarea kampus tapi merambah juga ke luar. Vegetasi tanaman setidaknya harus tidak asal tanam saja tapi ada pola untuk tanaman langka, berbuah dan perindang. Ada perimbangan dari masing-masing vegetasi tadi.

Sumber artikel : by kangpoer    Photo by kangpoer