ReferensiTraveling

Ledok Blotan (Blotan River Valley)

Lokasi Ledok Blotan berada di lokasi bantaran sungai yang berada di RT 01 RW 40 Dusun Blotan, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Alam lingkungan yang masih alami membuat suasana kawasan ini sangat nyaman untuk mandi berendam maupun sekedar jalan-jalan di sekitaran ledok ini.

Adanya Pendamping program Kotaku Dusun Blotan, Darmawan, mengatakan proses penataan kawasan Dusun Blotan menjadi tempat wisata sejatinya telah dimulai sejak September 2018 lalu. Saat itu ada dua skema penganggaran yang disiapkan, yakni melalui Program Kotaku dan Program Pendanaan Kumuh APBD Sleman. (sumber http://www.jogja.co)

Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah karena di pinggir jalur alternatif ke arah stadion Maguwoharjo. Jika anda dari arah kota silahkan anda masuk melalui jalur di timur pasar perumnas Condongcatur atau barat Amikom anda lurus ke utara sampai mentok pertigaan ada tanda ke arah timur ke sekolah SD Model atau rumah makan Pesona Pingka anda belok ke kanan atau ke timur sampai di dusun Blotan terus ada Gang ke selatan dinamakan Jalan Mawar anda ke selatan sampai ada petunjuk anda sampai tinggal belok ke kanan ke arah sungai atau ke Ledok Blotan. Jika dari arah timur anda bisa mengambil jalan timur stadion Maguwoharjo anda lurus ke utara sampai pertigaan ke arah pesona Pingka (ada klapangan sepakbola ada belok ke kiri atau ke barat).

Lokasi yang asri masih sangat terasa disini apalagi saat ini adanya program Kotaku di dusun Blotan sudah di buat berbagai penambah kegiatan wisata disini antara lain gasebo, warung – warung yang menyediakan makan dan minuman. Anda tidak perlu kawatir disini kepalaran anda hanya tinggal pesan nanti sudah disiapkan.

Untuk menuju Ledok Blotan anda diharuskan menuruni tangga ke arah sungai yang sudah disambut tawa riang anak-anak yang mandi disini, airnya masih sangat segar dengan warna biru pertanda cukup dalam dan tingkat kejernihan masih terjaga. Apalagi Ledok Blotan dibawah rindangnya hutan bambu dan pohon-phon menjulang tinggi sehingga sangat sejuk dan nyaman disini walau udara sangat panas tidak disini, tetap sejuk dan nyaman.

Jika anda sudah berada dikawasan ini anda bisa juga jalan-jalan menyurusi sungai ke arah selatan ada hutan bambu yang sangat bagus buat refreshing sambil jalan-jalan tentu lebih bagus anda abadikan dengan HP anda. Aliran sungai yang jernih dengan gemericik air menambah kenyamanan disini, batu-batu besar menyembul diantara gemericik air akan memberikan suasana romantis di sekitaran anda. Artikel yang senada adalah Ledok Gebang insya Allah akan kami kupas tuntas selanjutnya. (artikel by kangpoer, jogja.co photo by kangpoer).