DestinasiTraveling

Prambanan Temple The Landmarks of Java

Candi Prambanan merupakan suatu bangunan yang sangat elok yang dibangun oleh kejayaan kerajaan jaman itu adalah suatu kebanggaan dan merupakan titik kemajuan teknologi yang sangat luar biasa di kala itu. Dalam wikipedia Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.


Pintu masuk menuju kawasan candi Prambanan

Berpedoman dari data wikipedia tadi tidak salah kalau wisatawan baik mancanegara maupun domestik sangat menikmati dan sangat mengagumi kemegahan dan kebesaran serta tingginya teknologi dalam pembuatan candi di jaman itu. Dalam renovasi dan restorasi bangunan sebuah candi di komplek ini dibutuhkan waktu bertahun-tahun disamping kesulitan dalam menyusun ulang relief dan paduan gambar dan bangunan.

 
Kawasan Candi Prambanan

Dalam bidikan camera HP tak terelakan bahwa daya magis untuk selalu mengunjungi tempat ini begitu menggoda dan eksotis tempat, seni, kultural dan topografi yang sangat pas sekali dengan metode serta teknik penerapan ilmu-ilmu yang sangat tinggi baik penempatan letak, geografis, kontur serta topografi.

 
Taman Kawasan wisata Candi Prambanan

Kawasan Candi Prambanan memiliki kawasan terpadu untuk objek wisata sebut saja : Kawasan Candi Boko, Candi Barong, Tebing Breksi, Candi Ijo, dan Candi Plaosan. Untuk cafe yang ternama juga ada wedang kopi Prambanan, Soto Semar dan amsih banyak sajian kuliner yang siap menggoda anda.Nikmati berbagai kawasan wisata ini selagi anda masih di Jogja.

Jogja memang tidak ada habisnya untuk destinasi lanjutan belum anda menginjakkan kaki ke Kawasan Gunung kidul dengan Gunung Api Purba “Nglanggeran dan embungnya, Gua Pindul, Sri Gethuk, Pesisir pantai yang memanjang begitu banyak dan cantiknya. Adalagi kawasan Mangunan – Dlinggo, kawasan bukit bintang dan masih banyak lagi. Kawasan Kulon Progo dengan pesona alam yang sangat indah mulai digarap sebut saja : Kedung Pedut, Kalibiru, Puncak Suroloyo, Kebun Teh Nglinggo, Kawasan hutan Mangrove dan masih banyak lagi.

Sumber Artikel : wikipedia Indonesia, kangpoer. Photo by kangpoer