Tuntunan

Marhaban Yaa Ramadhan 1438H

Kangpoer. Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang begitu istimewa : indah – syahdu – penuh silaturahmi dan bulan yang benar-benar diberkahi. Siapa yang berniaga dibulan ini tidak ada yang menyesal tidak ada yang menggerutu semua senang dan bahagia.

Dalam perintah puasa pada bulan ramadhan ini sangat jelas di jabarkan melalui kalam ilahi yaitu pada surat Al baqarah : 183 dengan terjemahan ayat sebagai berikut : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Dalam Al Baqarah 183 – 186 yang secara ekplisit dijelaskan pada ayat berurutan itu menjelaskan secara rinci hukum dan kewajiban berpuasa, hukum mengganti puasa karena berhalangan dan sakit, puasa hanya pada bulan Ramadhan. 

Bulan Ramadhan bagi Umat islam sangat istimewa dimana kondisi rohani dipacu sampai tingkat tertinggi dan dilapangkan dan kemudahan diberbagai urusan dunia dan akherat. Allah memudahkan segala kesulitan menjadi kemudahan, segala kegiatan yang dilandaskan dengan Allah maka bernilai ibah luar biasa.

Selamat menjalan ibadah puasa 1 Ramadhan 1438H…semoga ibadah puasa kita senantiaa memberikan nilai kebaikan pada kita semua.