UGM NOW

Underpass In Development Kaliurang Road Kentungan

Pembangunan Underpass atau jalan bawah tanah yang berlokasi di simpang empat jalan Kaliurang – Ringroad atau disebut poulernya Kentungan sudah berlangsung 5 bulan tentu progress selama 5 bulan ini sudah mengalami kemajuan yang bagus dilihat pengerjaan secara terus menerus.

Pembangunan underpass ini tentu akan berakibat akan tersendatnya atau bahkan macet di sekitaran pembangunan underpass ini. Yang kurang antispasi dalam pembangunan ini adalah berkaitan dengan pelebaran jalan di area terbangun. Saya melihat sendiri bahwa area timur simpang empat justru pelebaran jalur sudah dilaksanakan sementara yang arah barat simpang lima justru tuidak dilakukan pelebaran jalur, seharusnya sebelum di kerjakan pembangunan underpass ini membuat pelebaran jalan seperti area timur simpang empat sehingga kemacetan tidak menumpuk seperti sekarang ini.

Jika keberatan untuk menutup total solusinya seperti yang sudah disebutkan diatas adalah pelebaran jalan di kanan dan kiri area pengerjaan, sehingga tidak terjadi sumbu botol dimana semua arus masuk ke jalur kecil menimbulkan kemacetan yang luar biasa, apalagi saat jam sibuk semakin menjadi-jadi. Ya hanya 2 solusi dalam pengerjaan pembangunan underpass ini ditutup total kanan kiri wilayah terbangun atau dibuat pelebaran jalan terlebih dahulu seperti timur simpang empat.

Melihat dari kasus ini harapan kedepan pembangunan underpass di jalan Affandi setidaknya pengerjaan awal adalah pelebaran jalan terlebih dahulu sehingga arus kendaraan tetap terkendali dengan lancar, walau ada pembangunan underpass. Tentu saja masalah teknis dan non teknis pihak terkait lebih berkuasa dalam hal ini. baca artikel sejenis : Pembangunan Underpass ditinjau dari aspek : Transportasi, ekonomi dan Pariwisata

Pengerjaan drainase juga harus diperhatikan secara seksama mengingat cuaca dan liran air. Underpass Jakal dapat membuat drainasi air hujan melalui saluran air ke arah kali code yang tidak jauh dari lokasi terbangun, juga tentang perlengkapan keamanan di sepanjang underpass ini.

Pembangunan underpass ini dalam tahab selanjutnya paling tidak dilihat aspek-aspek sosio-culture dimana pembangunan dan ornament yang di pergunakan mengacu dari kultur budaya setempat dan dipadukan dengan konsep pembangunan modern. Semoga bermanfaat artikel ini (artikel by kangpoer photo by ngopibareng)