Gowes

Gobar Kampanye Tolak Narkoba Condongcatur – Wonotulus Purworejo

Minggu – 29 September 2019 ratusan pegowes dari berbagai komunitas di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya berbaur dan menyatu dalam ajang gowes bareng yang diadakan oleh tim Sembodo bertema kampanye tolak narkoba Condongcatur Sleman – Wonotulus Purworejo. Diperkirakan gobar ini diikuti oleh kurang lebih 800 pegowes yang berasal dari berbagai komunitas.

Acara ini di startkan oleh Ibu Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes yang sekaligus simbolik ikut gowes mengiringi para peserta gowes, didampingi oleh Bapak Reno Candra Sangaji, S.IP dan ketua Algojo Pak Giyanto dan sederet ketua komunitas yang tergabung. Gobar dengan RC dari Zona RB yang sebagian besar adalah dari komunitas Algojo (Antar Lintas Gowes Jogja).

Dalam perjalanan tidak sedikit yang memberikan acungan yang luar biasa terhadap pelaksanaan gobar ini, begitu banyaknya peserta gobar ini dan banyaknya atribut dari masing-masing komunitas sepantasnya gowes ini terbesar dibulan September – sampai november ini.

Check point 1 berada di perbatasan Jogja – Kulonprogo yang sangat antusias untuk menyantap hidangan sego kucing dan makanan ringan. Berbagaia komunitas di CP1 ini berbaur menjadi satu dan kenikmatan mneyantap hidangan yang disuguhkan begitu terlihat dari raut wajah mereka.

Check point 2 diadakan di sebelah alun-alun Purworejo, dikarenakan alun-alun Purworejo juga sedang diadakan funbike, sehingga jadwal awal CP2 di alun-alun di geser ke arah Wonotulus. Sebagian peserta ada yang sudah merasakan kelelahan sehingga harus di loading, panitia juga sudah menyediakan kendaraan untuk loading.

Peserta yang sampai di Wonotulus disuguhi berbagai makanan tradisional kas sayur tempe ijo, sayur lodeh dan masih banyak lagi. Hidangan snackpun kas tradisional : ketela rambat, Growol, kacang godog, Mbili godog, Suwek. Minuman juga kas : beras kencur, jahe, kencur asem, dan kelapa muda. Semua peserta merasa apa yang disuguhkan lebih dari cukup, semua begitu menikmati apa yang dihidangkan oleh warga WOnotulus begitu tulus terhadap ratusan pegowes yang datang dari Jogja dan sekitarnya.

Di Panggung terlihat tarian kas Purworejo Angguk menghibur pegowes yang sangat senang dengan apa yang di suguhkan oleh warga Wonotulus, serta berbagai hiburan yang menyegarkan pegowes. Kesempatan ini banyak dilakukan oleh para pegowes untuk mengexplore kampung Wonotulus yang begitu asyik dan indah. Dengan hamparan sawah yang menghijau jika kita mau masuk ke dusun Wonotulus ini menyambut anda.

Untuk video selengkapnya edisi perjalanan gobar Condongcatur – Wonotulus ada di video berikut :

  1. Gobar Sembodo : Condongcatur – Wonotulus 2019 Episode 1
  2. Gobar Sembodo Condongcatur – Wonotulus Purworejo (Part 2)

Edisi artikel selanjutnya adalah Donasi Air bersih Alghojo dan rekan ke Gunungkidul, dengan bantuan donasi air sebanyak 100 tangki air. Artikel by kangpoer photo and video by kangpoer).