ReferensiTraveling

Candi Gedong Songo Bandungan Semarang

Candi Gedong Songo sesuai namanya berjumlah sembilan, namun akibat mungkin letusan gunung Ungaran atau hal lain saat ini jumlah candi yang masih berdiri kokoh sebanyak 5 candi yang tersebar dalam radius kurang lebih 15km persegi. Dengan kondisi posisi candi secara umum di lereng gunung Ungaran sehingga untuk mencapai ke komplek candi ini dibutuhkan kegiatan tracking atau jika malas jalan kaki bisa juga naik kuda yang sudah banyak di tawarkan untuk menyewanya.

Dengan medan yang lumayan menguras tenaga karena kemiringan lereng atau jalan yang di tempuh untuk ke komplek candi 1 sampai 5 ini cukup bervariasi antara kemiringan 40 sampai 50 derajat. Namun suguhan pemandangan yang sangat indah akan memberikan obta bagi anda yang sudah sampai di antara komplek-komplek candi gedong songo.

Sesuai dalam wikipedia Gedong Song atau Sanga adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). Lokasi sembilan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

Untuk harga tiket masuknya untuk wisatawan domestik cukup merogoh kocek 10.000 saja namun untuk wisatawan mancanegara sekitar 75.000. Sebelum masuk ke komplek candi Gedong Songo anda sudah disuguhkan panorama apik di pintu gerbang masuk, anda bisa menikmati photo-photo sendiri atau bareng dengan keluarga atau teman-teman, ya anda harus bersabar kalau mau photo di pintu gerbang masuk komplek candi Gedong Songo.

Untuk jalan kaki ke komplek candi 1 tracknya cukup menantang dengan track yang sudah di bikin dengan cor semen dan batu serta konblok sehingga mengurangi rasa pegal di kaki, andapun dapat dengan mudah ambil photo di kanan kiri track karena panoramanya sangat menggoda, apalagi jika anda dapat sampai ke kawah gunung Ungaran pemandangan lebih spektakuler akan anda jumpai. Jalan setapaknya cukup lebar bahkan motorpun bisa naik ke komplek candi sampai ke candi 3, namun karena hanya petugas saja yang boleh mneggunakan kendaraan motor untuk bisa naik ke komplek candi 3.

View atau panorama paling ciamik adalah jika anda berhasil sampai di komplek candi 4 dan 5 disini puncak panorama tersuguhkan dengan bentang atau pemandangan latar gunung Ungaran akan memberikan photo-photo yang instagenic atau yang senang ngevlog seperti saya bisa anda jelajahi sudut-sudut yang paling menggoda untuk dibuat vlog.

Jika anda sudah berhasil sampai komplek candi ke 5 anda sukses dan berhasil dalam menguras tenaga anda, eit tidak cuma jalurnya nggak panjang, nggak capai juga sih. Oiya pembaca jika anda ingin liburan ke Gedong Songo sebaiknya anda liburannya hari Senin sampai Sabtu saja, mkalau hari Minggu wassalam macet dan kayak cendol penuh sesak dan anda harus sabar jalan kaki dari bawah karena macet.

Pembaca jika sudah berhasil di komplek candi 5 silahkan sepuasnya untuk berphoto dan vlog, dan sebaiknya ke area ini pagi hari atau sore hari agar tidak panas dan untuk photo masih cantik dan ciamik. Setelah turun anda disuguhkan taman Ayanaz yang lebih instragramable banget…..edisi taman Ayanaz tunggu edisi selanjutnya gaess. Nah bagi anda yang pengin lihat keindahan Komplek Candi Gedong Songo silahkan lihat di video yang saya buat : Candi Gedong Songo Bandungan. (Artikel by kangpoer photo by kangpoer)