TelisikUGM NOW

Dampak Pembangunan Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) Terhadap Perkembangan Kota Yogyakarta

Trendingnya Pembangunan Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) sampai saat ini terus bergulir sehingga banyak orang penasaran dengan pembangunan YIA ada yang datang langsung baik dengan kendaraan pribadi atau dengan mengikuti rute yaitu naik kereta jalur Yogyakarta – Wojo yang disediakan kusus kereta bandara.

Hiruk pikuk kehadiran bandara ini sudah begitu menggema seantero nusantara, bahkan ada yang saking penasaranya ada yang pesan maskapai yang baik take off maupun landing di YIA. Seperti apa sih bentuk YIA ini sampai-sampai begitu luar biasa viralnya di media sosial.

Nah untuk urusan viral dan trending tidak akan kita bahas di artikel ini, namun akan kami soroti sejauh mana dampak yang mempengaruhi terhadap pembangunan dan perkembangan wilayah Kulon Progo dan sekitarnya. Ada yang menarik di sini bandara YIA berlokasi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah sehingga memunculkan efek perkembangan ke dua arah yaitu Yogyakarta dan Jawa Tengah. Mobilitas kawasan Cilacap Purwokerto, Tegal, Banyumas dan sekitarnya saat ini di fasilitasi oleh bandara YIA tidak perlu harus ke Semarang atau ke Solo yang lebih jauh jaraknya. Sehingga memunculkan arah perubahan gerak atau mobilitas orang, barang dan logistik dari 2 arah ke Bandara YIA.

Kesiapan YIA untuk memberikan pelayanan baik untuk orang maupun logistik sudah diperhitungkan dalam segi penempatan fasilitas publik kedepan. Sehingga bandara Yogyakarta yang baru ini digadang-gadang menjadi bandara terbesar untuk mobiliats orang dan logistik. Sehingga memerlukan gudang dan fasilitas pendukungnya di area YIA.

Saat ini sudah muncul sektor tersier dari pembangunan YIA, terbukti sudah ada pembangunan hotel dan homestay yang cukup banyak saat ini disekitaran bandara YIA. Juga fasilitas rumah makan, toko kelontong sudah mulai dibangun. Dengan adanya fasilitas pendukung ini akan memberikan arah perkembangan wilayah lebih dominan di sekitarnya.

Sudah kami bahas sektor perkembangan dan konekting terhadap sektor-sektor lain yang sudah saya publish sebelum tulisan ini antara lain : 1. Dampak Pembangunan Bandara NYIA Terhadap Pariwisata di Sekitarnya 2. Sabuk Hijau Pengaman Bandara NYIA Kulon Progo 3. Smart Grid Adisucipto – Kota Yogyakarta – NYIA Dalam Kerangka Smart City

Kerangka perkembangan dan pembangunan dari kota Yogyakarta ke Bandara baru YIA sudah di rencanakan secara matang oleh gubernur Jogjakarta yang antara lain menolak pembangunan Tol yang menuju ke Bandara YIA, namun lebih setuju dengan ring road atau jalan lingkar yang menghubungkan kota Yogyakarta dan Bandara YIA. Tentu saja ada plus minusnya pembangunan tol ke arah bandara, juga pembangunan auter atau ringroad. Ya namanya pembangunan yang berefek terhadap hajat orang banyak pasti ada untung ruginya. Jalur Lintas Selatan tentu akan menjadi penopang untuk kegiatan sektor pariwisata dan logistik mengingat jalur ini dipersiapkan pemerintah untuk jalur paling mudah baik mobilitas orang maupun logistik. Semoga bermanfaat (artikel by kangpoer photo by tribun)