Informasi

Kemajuan teknologi “Startup” di bidang pariwisata

Startup begitu keren dimata orang-orang yang tahu dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan sangat besar pengaruhnya di dunia maupun di mata masyarakat awam. Semua orang menggunakan startup di masing-masing gadgetnya. Ya applikasi baik di android maupun di Os lain merupakan sebuah startup sebagai suatu kemudahan dalam kegiatan kehidupan sehari-hari.

Di dunia teknologi dan perkembangan startup bukan saja hanya sebatas app berjenis jejaring sosial, game dan browser dan tools. Namun masih banyak ribuan starup yang dikembangkan dan penetrasi gadget di Indonesia semakin meningkat ini merupakan peluang besar dan pangsa yang sangat besar karena dengan topografi dan banyaknya jumlah manusia yang menggunakan smartphone membuka peluang besar tumbuhnya startup-starup di berbagai bidang.

Saya juga sedang mengembangkan sebuah startup yang berkaitan dengan tourism yang pangsa masih terbuka sangat besar, dalam Statistik Jumlah kunjungan pariwisata di Indonesia masih 1/3 dari jumlah kunjungan pariwisata di Malaysia. Menyakitkan topografi Indonesia sangat elok dan sangat luar biasa keindahan alam yang terbentang dari Aceh sampai Papua.

Ya keterbatasan informasi, keterbatasan startup yang mendukung adalah sebagai salah satu kalahnya kita dari negara tetangga. Mereka dengan rajin membuka kesempatan dari seluruh anak negerinya untuk mengembangkan startupnya dan di danai dengan sepenuhnya. Juga andilnya pemerintah Malaysia dalam hal pengembangan pariwisata secara penuh.

Bayangkan di Indonesia, hampir sebagian besar pengembangan pariwisata dilakukan oleh kelompok-kelompok yang akan sadar atas potensi wilayahnya kemudian dikembangkan secara swadaya, swadana sehingga tercipta banyak spot-spot indah di seantero Indonesia. Tentu saja Pemerintah juga ada sumbangsihnya, terbukti adanya keterlibatan dari berbagai event dan kegiatan dengan didukung dana yang cukup, mungkin baru wilayah jogjakarta saja yang sudah melakukan hal semacam ini.

Perkembangan teknologi  dengan adanya sosial media memberikan dampak yang luar biasa terhadap perkembangan dan viralnya sebuah tempat sehingga memberikan dorongan dari masyarakat pengguna smartphone untuk mengetahui dan penasaran seperti apa sih tempatnya.

Kembali startup, dengan dukungan teknologi yang sudah 4G dan sebentar lagi akan ada peluncuran 5G di negara-negera maju akan memberikan akses sebuah platform untuk memudahkan dan memasarkan pariwisata dengan efisien dan tepat. Artinya customer akan dapat pasti dan rinci mengetahui spot wisata yang dituju, jalur yang tujuannya, tempat tujuan memiliki fasilitas apa, dan paling penting budget untuk ke tujuan wisata berapa, akan dihitung dengan mudah adanya sebuah startup.

Kami menawarkan kemudahan ini sejatinya, jika anda dan teman2 anda paling tidak ada 15 orang akan pergi ke suatu tempat anda tinggal pilih tujuan wisatanya, jumlah personelnya dan nanti tinggal pilih Agent yang sesuai dengan tujuan dan sesuai selera anda, begitu klik otomatis disitu terpampang bahwa anda harus berlibur sekian jam atau sekian hari, dengan anggaran sekian. Sudah termasuk semuanya : kendaraan angkutan, kuliner, tiket, hotel dan lain sebagainya.

Startup sejatinya menawarkan anda sebuah kemudahan yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. Anda mungkin baru terkesimak bagaimana sebuah makanan bisa anda pesan sampai ke pintu anda hanya sekali proses tanpa anda susah payah harus tanya warung ke warung atau tanya di google. Anda hanya klik proses beres.

Begitu juga dibidang pariwisata kami ingin menawarkan seperti anda semudah memesan makanan untuk makan siang anda. Pariwisata di Jogjakarta hampir tidak ada habisnya terus berkembang dan kecenderungan masyarakat saat ini sudah mulai mengarah ke sektor hiburan terutama pariwisata dan kuliner.

Coba kita lihat perubahan gaya hidup masyarakat sekarang, sudah mulai tidak lagi rajin mengkoleksi puluhan baju ke distro-distro dan toko-toko baju, ya mungkin karena ada shop online, bisa juga. Namun yang cukup mencengangkan sesuai statistik Indonesia di bidang pariwisata pertumbuhan pariwisata di Indonesia sangat epsat dan luar biasa. Semoga kita dapat menangkap peluang ini dengan sebuah stratup.

Solusi jitu bagi anda untuk wisata kelompok “YoWis” ( ayo wisata) sebuah startup untuk gaya hidup anda. Selamat menikmati keindahan alam di Indonesia, kemudahan dalam berpariwiata adalah komitmen kami.

Sumber Artikel by Kangpoer  Photo by Tribunnews