UGM NOW

Startup 1000 Smartcity : Membangun Kota dan Kabupaten Cerdas

Startup saat ini pemerintah giat menggenjot untuk mahasiswa, ukm dan umum untuk dapat menciptkan startup yang dapat membantu kegiatan masyarakat baik Agriculture, energy, Smartcity, mobilitas dan masih banyak lagi peluang dalam membuat startup.

Universitas Gadjah Mada bekerja sama Innovative Academy menggandeng program kerja pemerintah dengan membuka peluang Gerakan Nasional #1000StartupDigital yang diadakan pada hari : Sabtu – 5 Mei 2018 di Gedung Auditorium Sukadji Ranuwihardjo (Gedung MM FEB UGM) sukses menggandeng calon pencipta startup yang hadir lebih dari 600 peserta.

Sebenarnya saya ingin sampai tuntas dalam menyelesaikan Ignition – Gerakan Nasional #1000StartupDigital ini namun dikarenakan masih ada tugas lain yang juga sangat penting terpaksa saya harus berhenti di penghujung akhir. Mudah-mudahan Innovative Academy dapat memecahkan permasalahan yang akan saya bawa ini yaitu startup yang sudah saya siapkan.

Pemberi support atau motivator kali ini memang beragam dari Agriculture, energy, Smartcity, Education, Pariwisata sehingga menambah semangat dan peluang dalam menangkap dari salah satu cabang yang sudah ditawarkan tadi, masih terbuka peluang yang sangat besar.

Dengan digelarnya program Gerakan Nasional #1000StartupDigital oleh pemerintah di 10 kota atau wilayah akan memberikan berbagai ketepatan dan kecepatan akses untuk startup. Masing-masing kota akan dapat secara sinergi dan bekerja sama dalam workshop bagi yang sudah lolos.

Tantangan yang terbuka sangat lebar bagi kita untuk menunjukkan sejauh mana keseriusan dunia pendidikan, dunia ukm dan masyarakat dalam mengambil kesempatan startup ini, jangan sampai seluruh startup ini diambil oleh pihak asing sehingga kita malah hanya jadi pengguna.

Innovative Academy yang di bidangi oleh UGM tentu akan memberikan peluang besar bagi mahasiswa yang akan mengembangkan potensi dirinya terkait dengan startup. Baik masa olah program dan data,  workshop, incubator dan tentu nanti sampai tahap selanjutnya pengujian dan implementasinya, mudah-mudahan banyak dari generasi kita kususnya UGM mengambil dan berperan aktif dalam program gerakan #100Startup Digital yang di prakarsai oleh Pemerintah.

Smartcity saat ini begitu menjadi trending topik dan isu-isu yang selalu di wacanakan dan selalu di lontarkan dalam setiap kegiatan, rapat atau forum-forum perencanaan pengambil kebijakan. Okeylah Smartcity sedang ini, ini merupakan ladang yang sangat besar untuk menciptakan program smartcity baik untuk Kabupaten, Kotamadya, tingkat Gubernur atau bahkan sekelas kecamatan atau kelurahan dapat peluang sama besarnya.

Berbicara smartcity tentu semakin asyik jika di pandu oleh para pakar dibidangnya sebut saja ahli perencanaan tata ruang, ahli desain taman kota, ahli telekomunikasi, ahli pedestrian dan limbah dan masih banyak lagi yang akan dilibatkan. Seperti buku dalam judul “Membangun Kota dan Kabupaten Cerdas : Sebuah Panduan Bagi Pemerintah Daerah” buku ini sepertinya mengguggah selera saya untuk membaca dan menganalisa sejauh mana buku ini merujuk dan mengamati tentang smartcity.

 (Hak cipta artikel : kangpoer Hak cipta gambar : luxreview.com)