Traveling

Pulau Cilik Karimunjawa – Snorkling The Paradise of Java 3

Sejak pagi udara sudah cukup dingin namun kami berharap cuaca siang akan cerah untuk meneruskan perjalanan kami bermain snorkling selanjutnya di hari 2 selama di Karimunjawa. Perlu kami informasikan bahwa untuk berwisata di Karimunjawa usahakan di bulan April – September cuaca dan kondisi perairan tenang dan jernih.

Berangkat dari hotel Sunrise View Villas pukul : 08.00 agar bisa berangkat lebih pagi dan bisa menikmati perjalanan lebih santai dna lebih lama. Sampai di pelabuhan untuk tujuan snorkling udara masih menggigit dan ombak masih cukup besar  ditambah lagi cuaca belum terang, rasa kurang nyaman masih menggelayut diantara peserta snorkling pagi itu. Namun dari BMKG dan petugas serta dari EO menyatakan bahwa pelayaran aman untuk tujuan ke pulau Cilik.

Kami berlayar untuk tujuan snorkling ke 2 ke daerah sekitar pulau Cilik menempuh wkatu cukup lama sekitar 40 menit dengan deburan ombak yang tidak sebesar hari pertama yang langsung mabuk saat itu karena besarnya ombak. Setelah sampai di tempat tujuan snorkling kami langsung ramai-ramai “nyemplung” langsung terjun untuk menikmati kembali bermain snorkling dengan terumbu karang dan ikan-ikan hias yang masih banyak dan sangat elok. Sangat cantik dan benar-benar luar biasa selama hampir 2 jam kami bermain snorkling tak terasa perut mulai keroncongan pertanda lapar.

Peserta yang terjun atau yang bermain ke air makin banyak ya…sepertinya sudah mulai biasa bermain di bawah laut. Dan sebagian sudah berani menanggalkan alat pelampung dan alat snorkling untuk sekedar diabadikan dalam bidikan photo dan video yang akan memberikan kesan yang luar biasa setelah pulang nanti.

Keluarga Mas Radani, keluarga Mbak Santi langsung asyik bermain dengan air dan treumbu karang yang sayang banget kalau di lewatkan pemandangan dan panorama yang asyik punya ini. Apalagi dengan membawa roti yang siap dijamu oleh ikan-ikan kecil seperti ikan Nemo dan lain-lain sangat asyik memakan dan kita dapat melihat langsung jarak dekat banyaknya ikan berseliweran disekitar kita. Kenikmatan mana lagi yang akan kau dustakan.

Bermain snorkling sudah, dan perut sudah keroncongan maka saatnya makan. Ya kita langsung menuju ke pulau Cilik yang jaraknya nggak jauh kira-kira perjalan 15 menit dengan perahu yang biasa untuk mengantarkan penikmat snorkling. Dari tempat bermain snorkling ke pulau Cilik memang dekat dan pantai yang menghampar dnegan warna kehijauan pertanda kejernihan air dan dangkalnya sangat mengundang kita untuk bermain air lagi.

Sampai kita di pulau Cilik ternyata sudah banyak perahu yang berlabuh di sini, tentu saja sebagian besar adalah penikmat wisata snorkling dan penikmat indahnya pantai Cilik. Nah untuk mengitari pulau ini nggak sampai 15 menit bisa mengelilingi pulau yang sangat eksotik dan indah banget bro.

Dengan deburan ombak yang ringan tidak akan membahayakan anak-anak untuk berlama-lama main air laut di pantai ini. Pasirnya yang putih dengan butiran halus dan sebagian ada yang agak kasar akan menambah keasyikan kita bermain pasir, dengan air laut yang jernih dan kehijauan wuih berasa nikmat banget berlama-lama disini.

Nah bagi anak-anak dan dewasa silahkan bermain di pantai sepuasnya kami akan makan ikan segar dengan di bakar, makan di pantai yang indah maka makin nikmat dan terasa sudah sampai di kerongkongan kenikmatan ikan bakar ini. Disini juga disediakan kelapa muda jadi dengan makan ikan bakar dan kelapa muda maka klop dah makan siang kali ini, dengan taburan sambal yang menggoda dipadu dengan deburan ombak dan panorama sekelilingnya sangat indah maka kenikmatan ini makin sempurna.

Dengan kondisi air lautnya yang jernih, perairan di sekitarnya menampakkan sekelompok angelfish atau ikan layaran. Jika menyelam sedikit lebih dalam, akan terlihat terumbu karang penuh warna. Sayangnya, pada bagian tertentu tampak sederetan terumbu karang yang memutih dan mati dikarenakan pengaruh global warming dan naiknya suhu air laut. Hilangnya alga Zooxanthellae yang bersimbiosis dengan terumbu karang juga mengakibatkan karang perlahan mati. Namun uniknya, hidup serumpun anemon laut yang tumbuh dengan subur. Tak sedikit ada ikan-ikan badut atau clownfish yang bersembunyi di balik tentakel anemon laut di antara terumbu karang yang mati.

Selepas sore maka kita dapat menikmati sunset di dermaga ini dengan keindahan yang tidak bisa kita rangkum dengan untaian kalimat.  Kebetulan siang sampai sore cuaca sangat mendukung untuk kegiatan snrkling, bermain pantai dan menikmati terakhir menunggu sunset.

Rasa puas dan perut kenyang akan memberi kenangan tambahan setelah kita kembali ke rumah. Untuk pulang kita kembali dengan rute yang semula kita lewati dengan tanpa diiringi ombak seklipun, rasanya kalau ad aombak makin nikmat nih…itu guyonan mas Mus dan MAs Gandung. Sepertinya sudah dapat menikmati laut dengan untaian panorama yang indah dan rasa kenikmatan setelah 2 hari bermain dengan laut.

Nah untuk bermain snorkling dan bermain di pantai yang indah sampai puas pastikan cuaca sangat mendukung sehingga kegiatan anda dalam menikmati wisata ini akan maksimal dan keindahan ini akan anda bawa pulang dan bisa anda bawa pulang untuk dibagikan ke media sosial atau untuk membuat artikel seperti saya ini.

Perjalanan akan kami lanjutkan esok pagi, maka tunggu edisi berikutnya : Bukit love dan pantai Tanjung Gelam masih di Karimunjawa. Keindahan dan keelokan pantai Tanjung Gelam akan kami sajikan secara lengkap.

Sumber artikel : perjalanan ke Karimunjawa Kangpoer             Photo by kangpoer

Catatan : Untuk spot photo akan kita link di akhir perjalanan kita di Karimunjawa dalam bentuk video dan slide.