Traveling

Snorkling menjangan Kecil Island “Karimunjawa The Paradise of Java 2”

Karimunjawa memang sesuai dengan sebutan sebagai “Paradise of Java” spot-spot wisata yang berada di wilayah ini memang banyak sekali dan salah satu yang akan saya sajikan adalah bermain snorkling di pulau Menjangan. Pulau ini dari pulau utama Karimunjawa tepat disebelah timur setelah pulau Menjangan besar.

Karimunjawa memang surganya unutk bermian di pantai dan bermain snorkling yang untuk wilayah jawa tidak ada tandingnya keindahan alam bawah lautnya. Untuk menuju pulau Menjangan Kecil dari pelabuhan Karimunjawa dibutuhkan perahu nelayan yang bagi anda yang ikut paket tidak masalah akan diarahkan ke tujuan. Namun bagi yang mau main sendiri memang diperlukan perahu nelayan dan pemandu snorkling yang harganya silahkan anda rembug sendiri. 

Dari pelabuhan utama Karimunjawa anda akan diarahkan ke timur kurang lebih 30-40 menit akan sampai tujuan yaitu tempat snorkling di pulau Menjangan Kecil.

Seyogyanya jika anda bermain di Karimunjawa pilih bulan April sampai bulan Agustus, cuaca akan bersahabat tidak ada gelombang dan kondisi perairan saat snorkling jernih dan cahaya dapat masuk sehingga anda akan merasakan sensasi dan kepuasan lebih lama dibanding dalam kondisi yang kurang bersahabat seperti bulan Desember – Januari yang airnya dengan gelombang yang tinggi serta kondisi perairan yang sedikit keruh karena pengaruh arus laut yang kuat dan cuaca yang sellau mendung akan mnegurangi kenikmatan untuk dapat melihat secara jelas saat bermain snorkling dibawah laut akan kurang maksimal karena cahaya matahari tidak tembus.

Snorkling untuk anda yang berjiwa petualang tentulah amat menyenangkan dan selalu menjadi kenangan yang indah. Bagi anda yang belum pernah sama sekali bermain snorkling anda akan diajari bagaimana menggunakan dan bermain di bawah air dengan aman dan nyaman, tentu untuk awal anda akan ribet dan harus rela minum air laut yang rasanya persis kalau kamu minum oralit.

Dari hotel kita sudah dijemput dengan mobil untuk diantar ke pelabuhan tempat untuk menuju ke pulau Menjangan Kecil tempat tujuan pertama yaitu bermain snorkling dan bermain pantai.Perahu sudah siap mengantar kita dan biasa kita di beri petujuk cara penggunaan pelamgpung dan lain-lain.

Pulau Menjangan Kecil ini tempat snokling yang cukup bagus ikan-ikan banyak ragam dan pesona bawah air sangat menajubkan terbukti teman-teman merasakan kenikmatan begitu melihat panorama bawah laut secara langsung tidak hanya melihat di google atau kiriman dari teman. Dan anda akan pasti puas begitu pemandu akan mengabadikan moment terindah anda saat menyelam di bawah air di sekitarnya lalu lalang ikan-ikan hias yang sangat lucu serta dengan background treumbu karang yang sangat eksotik dan wouw banget.

Jika anda sudah capai bermain snorkling maka pemandu akan mnegarahkan anda ke pelabuhan pulau Menjangan Kecil untuk melihat keindahan sepanjang pantai pulau ini yang sangat menawan dengan pasir putih yang lembut dan deburan ombak yang bikin anda akan asyik main pasir dan main air laut berlama-lama. Juga disini ada penangkaran ikan hiu masih kecil anda bisa bermian dengan ikan hiu ini, jangan kawatir digigit karena ikan hiu disini masih kecil dna keasyikan tersendiri anda bisa main bersama ikan hiu.

Jika sudah bosan dengan ikan hiu anda bisa main lagi menyusuri pantai yang sangat menawan dengan pohon kelapa dan pohon cemara yang bikin nyanyian pantai begitu angin bertiup. Bayangkan keindahan ini di depan mata anda maka anda akan merasakan hembusan angin laut yang begitu nikmat untuk kita rasakan betapa besar keagunganMu ya allah.

Snorkling sudah, main pantai sudah jalan-jalan menyusuri pulau sudah dilakukan saatnya untuk melihat sunset di pantai Menjangan Kecil ini, sensasi sunset disini begitu indah seakan-akan anda tidak akan mudah dibujuk untuk pulang, serasa kenikmatan akan anda nikmati sensasi sunset dan deburan ombak pantai ini. Okey waktunya makan ikan laut segar dibakar wouw…..makin menambah puncak kenikmatan semakin ditambah, kenikmatan apa lagi yang akan kita dustakan. Kenikmatan makan ikan segar dengan dibakar, makan di pantai serta melihat sunset makin tiada duanya kenikmatan alam ini.

Malam mulai berlabuh di pulau maka saatnya pulang ke hotel dengan deburan ombak yang selalu menarinari disekitar perahu kita seolah-olah menghantarkan kita untuk segera sampai dihotel dengan selamat, sampai dipelabuhan kita sudah langsung di jemput mobil untuk segera istirahat di hotel. Okey guest ikuti perjalanan berikutnya yaitu : bermain snorkling di pulau Cilik wilayah utara barat pulau Karimunjawa.

Sumber artikel : perjalanan ke Karimunjawa Kangpoer             Photo by kangpoer

Catatan : Untuk spot photo akan kita link di akhir perjalanan kita di Karimunjawa dalam bentuk video dan slide.