Event dan Budaya

Gobar #3 Jungwok – Sadeng ALGOJO

Gowes bareng #3 kali ini sangat seru banget sampai kata yang terucap hanya lantunan wow yang di aminkan temen-temen yang jumlahnya sampai 100 lebih goweser yang sangat menikmati sajian gowes rame-rame ini. Tak ayal panitia dalam mengurus ajang bergengsi ini karena melebihi ekspektasi pesertanya.

Berbagai komunitas kerja bareng berangkat bareng dalam event ini untuk  mensukseskan dan senang bareng menuju pantai Jungwok dan pantai Sadeng. Perjalanan yang cukup panjang dari start di balai Condongcatur adapaun sebagai penanggungjawab event ini yaitu bapak Reno Chandra Sangaji, SIP selaku Kepala Desa Condongcatur begitu meriah mulai awal loading berangkat yang dibagi menjadi beberapa truck dan pickup karena peserta yang jumlahnya super banyak lebih dari 100 orang.

Diawali dengan doa oleh bapak Sugiyanto selaku pencetus ide dan yang mensupport acara ini bersama bapak Edy Purwanto untuk memulai start yang sangat didukung oleh cuaca yang bersahabat, berangkat tepat pukul 07.00 terlambat dari jadwal yang diperkirakan karena banyaknya peserta dari berbagai penjuru Jogja.

Perjalanan sangat panjang membutuhkan waktu 3 jam, dengan iringan mobil sampai 10 dan 10 motor pengawal dan pengaman kegiatan ini, sehingga seperti touring yang sangat asyik. Sampai lokasi pemberhentian di Jepitu kita koordinasi bersama bapak Kepala Desa dan KOSOPA (keamanan) untuk mengatur gowes bareng ini agar berjalan lancar dan tanpa ada kendala.

Etape 1

Start dari Jepitu bersama goweser lebih dari 100 orang merayapi jalan yang rolling turun naik dan banyak belokan yang menambah asyiknya gowes kali ini dan untuk menuju pantai Jungwok dibutuhkan waktu yang nggak lama kisaran 20 menit peserta dapat menikmati suguhan pantai yang sangat elok dan eksotik di pantai Jungwok, tidak akan dilewati moment berharga ini tanpa dengan selfi gowes satu paket. Sebenarnya antara pantai Jungwok dan Wediombo hanya bersebelahan namun untuk memangkas waktu agar tidak terlalu lama di etae 1 ini hanya di ambil pantai Jungwok saja.

Setelah cukup bermain dan photo-photo di pantai jungwok peserta diarahkan kembali menuju tempat start awal yaitu Jepitu, yang kembalinya ini memang begitu menggoda dengan tanjakan super tajam yang membuat pegoweser kewer-kewer tak kuat menaklukan tanjakan Jungwok ini, saya sendiri merasakan tanjakan yang panjang mengurus energi apalagi dilakukan tengah hari pas jam 11.30 – sampai jam 12.00 ngaku aja nuntun berjamaah lebih baik dari pada harus dehidrasi dan kehilangan energi (alasan yang dibuat-buat saja).

Etape 2

Etape 2 cukup panjang berkisar 15 km namun rollingnya tidak setajam di Jungwok, sangat enak dan pas untuk pemula seperti saya, tapi tidak berasa menantang untuk pak Paeran dan Mas Yudi apalagi para suhu goweser sejati lain. Liak luk jalan dan turun naiknya seperti kita main roller coaster yang sangat asyik dinikmati apalagi ini tempat finish yang akan dituju paling puncak atau paling akhir. Di padu dengan alam yang bersahabat dengan background gunung seribu seakan menyapa kita untuk selalu berlaku arief terhadap alam, cintailah alam jangan merusaknya.

Finish di Pantai Sadeng tak lupa selalu ambil HP jepret dan nikmati alam dan senyum akan tersungging dis etiap peserta gowes kali ini, dengan suguhan alam yang sangat epik dan eksotis dengan alatar belakang pelabuhan ikan yang menghampar indah untuk latar belakang photo kita. Disini juga anda bisa beli ikan segar yang bagi saya sih harganya cukup terjangkau dan bener-bener ikan segar datang dari laut. Puas menikmati pelabuhan Sadeng peserta gowes diajak makan ikan laut Tuna dan satu paket ca kangkung dan sambal trasi yang menggoda selera. Ambil minuman sesuka anda saja guest selagi kelaparan makan dan minum apa saja akan nikmat sekali.

Etape 2 merupakan etape pamungkas untuk kembali pulang ke Jogja dengan loading, maaf tenaga sudah habis terkuras makan siang saking enaknya. Loading pulang terasa cepat karena kondisi jalan yang tidak padat dan sampai di Balai Desa Condongcatur pukul 17.40…sesuai jadwal.

Oiya guest saya haturkan jempol buat pegowes KBC yang gowes langsung dari Krangkungan Condongcatur menuju Jepitu pergi pulang, yang sampai markas KBC pukul 22.00 malam….sukses buat KBC.

Agenda ALGOJO selanjutnya yaitu DONOR DARAH pada hari Sabtu – 09 September 2017 bertempat di POSPIT barat Pasar pakem tepatnya jalan Turi – Pakem. Silahkan teman-teman gowes yang ingin donor darah datang langsung ke Pospit atau bisa daftar di group whatsapp Pospit atau di Algojo.

Untuk spot photo silahkan klik ini : Photo Gobar #1

Sumber Artikel by Kangpoer. Photo by Kangpoer 2017, group WA Algojo dan Pospit