GowesKuliner

Pasar Butuh Klaten Pesona bagi Gowes

kangpoer.staff. Pasar Butuh masuk wilayah administrasi Klaten Jawa Tengah tepatnya di Butuh, Bawukan, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Masih perbatasan dengan wilayah Sleman. Bagi orang Sleman akses ke Pasar Butuh banyak sekali rute yang ditempuh mulai dengan yang agak nakal yaitu blusukan dan yang sedikit jaga image ya roadbike menggunakan jalan raya.

Pasar butuh sebagai sarana untuk restarea bagi pegowes yang tujuan untuk ke Klangon, atau dari Klaten ke wilayah Pakem atau sebaliknya. Pasar ini masuk kategori pasar tardisional yang setiap pagi ramai sekali pedagang dari berbagai komoditi pertanian langsung di jual disini, sehingga harga yang ditawarkan lebih murah atau gaya bahasa mallnya lebih kompetitif.

Ciri kasnya pasar Butuh adalah wedang teh manis dari gula batu begitu di sruput mak nyes enak dan seger, pegowes sering berhenti di sini untuk sekedar menikmati  nasgitelnya teh panas kas Pasar Butuh. Karena kebetulan komunitas saya dari Sleman wilayah selatan untuk pergi ke pasar Butuh dibutuhkan tenaga dan stamina yang cukup karen ajarak tempuhnya lumayan kurang lebih 20km. Cukup mneguras tenaga karena kondisinya naik terus namun anda akan merasakan keindahan dan pesona yang begitu rupawan di speanjang perjalalan dalam gowes anda untuk menuju ke pasar Butuh.

Rute 1 : Kalau dari Pakem atau Jalan Kaliurang bisa dengan blusukan sampai ke arah Bronggang batu besar yang ada di tengah jalan pinggir sungai atau juga bisa blusukan lewat track utara yang sangat menantang dan menghibur.

Rute 2 : Bagi anda yang tidak senang dengan blusukan silakan melalui timur pasar Jambon lurus ke utara ke arah Klangon anda akan sampai di pasar Butuh di timur jalan. Jalannya mulus dan hotmix jadi yang roadbike aman tidak akan hancur di tengah jalan. Jangan menggunakan rute 1 kalau anda pakai roadbike bisa2 menyesal seumur hidup sepeda anda hancur ditengah jalan….hahahahaha becanda aja loh.

Sepintas hasil jepretan photography lokal :

Pasar Tradisional “Pasar Butuh”
Para Algojo (Antar Lintas Gowes Jogja)
Algojo di Batu Alien – Bronggang
Pesona blusukan di sungai Gendol

Okey guest jangan lupa untuk menikmati pasar ini dipagi hari menu Tahu dan tempe yang kas sangat pas disajikan bersama teh manis gula batunya. Jangan lewatkan juga kalau pas musim durian anda bisa juga memborongnya karena harganya relatif murah. 

Sumber gambar : tempo, Algojo (antar Lintas Gowes Jogja)